batik solo
Sekarang tanggal : 24th April 2014 - Buka 24 Jam Non stop
Home » ARTIKEL KESEHATAN » Kiat Mengatasi Anak Susah Makan

Kiat Mengatasi Anak Susah Makan

21 February , 2012 , Category : ARTIKEL KESEHATAN

Balita Anda susah makan? Jangan emosi. Berpikirlah dengan tenang dan aturlah strategi. Berikut dr Soeroyo Machfudz SpA(K) MPH dari Yogyakarta memberikan beberapa kiat yang bisa dimanfaatkan:

  • Bagi ibu yang bekerja, luangkan waktu sebentar saja tetapi berkualitas untuk menyuapi anaknya. Sebab, sebenarnya anak-anak sangat mengerti bila ibunya bekerja.
  • Berikanlah kepuasan psikis kepada anak yang sesuai dengan usianya, dan buatlah agar suasana hatinya senang, misalnya anak makan sambil jalan-jalan, melihat kereta api, dan lain-lain. Problem utama anak susah makan itu 6 bulan sampai 2 tahun. ”Asal usia itu terlewati dengan bagus, Insya Allah ke depannya tidak ada masalah.”, tutur Soeroyo.
  • Pada saat orang tua baik ibu maupun ayahnya pulang kerja, pertama kali yang harus dipegang atau disapa adalah anaknya. Jangan memaksa anak makan sampai mencekoki, mencubit atau bahkan memelototi. Bagaimana bila anak tidak mau sayur, tahu-tempe, dan makanan bergizi lainnya? Soeroyo menyarankan sebaiknya anak ‘dilaparkan’ dulu. ”Tetapi, kita siapkan makanan yang sudah kita programkan, nanti berangsur-angsur dia akan mau, tetapi memang perlu telaten, disiplin.”, jelas dia.
  • Sebaiknya sedini mungkin kita menerapkan penghargaan dan hukuman yang edukatif. Misalnya, pada waktu anak mau makan dipuji, diajak jalan-jalan, ciuman, pelukan. Bila tidak mau makan, katakan, misalnya, ibu atau ayah tidak mau lihat televisi bersama-sama, tidak mau jalan-jalan lagi.
  • Pada anak berusia setelah empat bulan-enam bulan, baik diberi bubur instan asalkan anak tak alergi susu. Setelah anak berusia enam bulan, lebih bagus membuat bubur sendiri, karena ada macam-macam pilihan sayuran dan lauk-pauk yang bisa mengurangi kejenuhan rasa. Misalnya, hati dengan bayam, kemudian wortel dengan tempe, kangkung dengan tahu, dan sebagainya. Namun, bila dengan makanan tersebut anak mengalami diare atau muntah maka menu harus dievaluasi.
  • Pada saat bayi mengalami perubahan makanan seperti enam bulan, sembilan bulan satu tahun, dia akan merasa-rasakan karena rasanya aneh sehingga kadang dimain-mainkan seperti dimuntahkan, ini harus dimasukkan lagi. Prinsipnya bila makanan tersebut dimuntahkan, harus sedikit-sedikit dan makanannya harus lebih cair lagi.
  • Pada kasus anak yang mengalami gangguan psikis yang manifestasinya pada lambung dengan muntah bisa teratasi kira-kira setelah tiga tahun. Tetapi, kasus seperti itu jarang dan tidak menjadi masalah asal kebutuhan gizi, kalori, lemak, proteinnya tercukupi.

 

Sumber : balita-anda.indoglobal.com

Tags :

SPECIAL PERFORMANCE DI BATIK SOLO CARNIVAL

12 June , 2013 , Kategori : NEWS

BATIKSOLO — Panitia Solo Batik Carnival (SBC) VI tahun 2013 merancang special performance yang akan digelar di koridor Jl Jendral Sudirman. Demi mendukung rencana itu, di tempat itu bakal didirikan tribun untuk para penonton yang membeli undangan. Di tribun... baca selengkapnya

Resep Tahu Tek

7 September , 2012 , Kategori : RESEP MASAKAN

Bahan : 1 buah (300 g) tahu putih, potong-potong 2 butir telur ayam ½ sdt merica bubuk 1 sdt garam Saus : 2 sdm kecap manis 150 ml air 1 sdm petis udang Haluskan : 2 sdm kacang tanah... baca selengkapnya

Resep Bakwan Solo

7 September , 2012 , Kategori : RESEP MASAKAN

BAHAN :   tepung terigu 500 g   kol 200 g   tauge 200 g   bawang merah 2 siung   bawang putih 2 siung   daun bawang 2 batang   garam secukupnya   vetsin secukupnya CARA MEMBUAT BAKWAN... baca selengkapnya

Resep Bakso Solo

7 September , 2012 , Kategori : RESEP MASAKAN

Bahan Bakso Malang: 350 gr daging sapi segar 50 gr tepung sagu 100 cc air es 1 butir telur 4 siung bawang putih 1/2 sdt merica 3 sdt garam Bahan Kuah Bakso Malang: 2 liter air 600 gr lutut... baca selengkapnya

Batik Solo Yang di ekspor Mayoritas diklaim Orang lain

28 August , 2012 , Kategori : NEWS

Mayoritas produk batik  Solo yang ekspor diklaim orang asing dengan dijual ke sejumlah negara atas nama merek dagang mereka. Padahal produksi batik-batik berkualitas itu dibuat oleh pekerja di Solo Pemilik batik halus  Puspa Kencana, Achmad Sulaiman, Jumat (10/8/2012), mengatakan... baca selengkapnya


Hotline : 085719569999 SMS Center : 08571956999 BB Messenger : 28569387 sales@daniyanti.com